Sabtu, 11 Februari 2012

Pengertian AIDS


Defisiensi kekebalan tubuh yang sangat terkenal adalah penyakit AIDS. AIDS merupakan singkatan dari Acquired Immunodeficiency Syndrome, yaitu suatu penyakit defisiensi kekebalan tubuh secara meluas. Akibat terserang AIDS, seseorang akan rentan terhadap penyakit oportunistik, yaitu infeksi yang mengambil kesempatan saat tubuh mengalami  kehilangan sistem kekebalan.
AIDS mulai dikenal pada tahun 1981, ketika pusat pengontrolan  penyakit (Center For Disease Control) di  Atlanta Amerika Serikat meneliti sarkoma Kaposi yang banyak di derita kaum homoseksual. Berbagai penelitian terus dilakukan dan akhirnya ditemukan bahwa penyebab AIDS yaitu HIV (Human Immune Deficiency Virus).
HIV yang masuk ke dalam tubuh akan menyerang limfosit T penolong (helper T cell). Padahal limfosit T penolong berfungsi mengaktifkan limfosit T dan limfosit B sebagai penghasil antibody. Akibatnya, system kekebalan tubuh akan menjadi rendah.
Jumlah limfosit T pada orang normal kurang lebih sekitar 1.000 sel per mikroliter darah, sedangkan pada orang yang menderita AIDS limfosit T berjumlah sekitar 200 sel per mikroliter. Kondisi ini mengakibatkan tubuh sangat rentan terserang penyakit oportunistik lainnya. Penderita AIDS akan terserang penyakit yang diakibatkan jamur, bakteri, maupun virus. Penyakit tersebut di antaranya, yaitu radang membran otak (meningitis), TBC, kanker darah, herpes, dan gangguan pada sistem pernapasan. 
thumbnail
Judul: Pengertian AIDS
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Biologi :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Kumpulan kata cinta Lengkap |
Template Seo Elite oleh Bamz