Senin, 13 Februari 2012

Susunan Anatomi Batang Dikotil


Anatomi batang tumbuhan dikotil terdiri atas kulit kayu, kayu, dan empulur. Empulur sangat sulit ditemukan pada batang kayu yang sudah tua. Bagian terluar dari batang tumbuhan dikotil adalah kulit kayu yang terdiri atas jaringan epidermis, kambium gabus, korteks, dan floem. Felogen dapat ditemukan di bagian bawah epidermis.
Pada kulit batang, terdapat bagian yang tidak tertutupi oleh lapisan gabus. Bagian tersebut dinamakan lentisel. Lentisel berfungsi sebagai tempat terjadinya peristiwa penguapan dan pertukaran gas .
Selain jaringan epidermis dan gabus, pada batang dijumpai pula jaringan parenkima, kolenkima, sklerenkima, floem, dan xilem. Berkas pembuluh floem letaknya berdampingan dengan pembuluh xilem. Di antara berkas pembuluh xilem dan floem, terdapat kambium pembuluh (kambium vaskular). Kambium pembuluh merupakan bagian yang memisahkan kulit kayu dengan kayu (xilem).
Jika letak floem dan xilem berdampingan , ikatan pembuluh yang terbentuk dinamakan ikatan kolateral. Tipe ikatan kolateral terbagi menjadi dua, yakni kolateral terbuka dan kolateral tertutup. Pada ikatan kolateral terbuka, terdapat kambium di antara berkas pembuluh. Adapun pada ikatan kolateral tertutup, tidak terdapat kambium di antara berkas pembuluh.
Batang dikotil memiliki struktur yang khas. Batang dikotil muda dan batang dikotil tua memiliki struktur yang sedikit berbeda. Penampang melintang batang dikotil muda. Batang tersebut menunjukkan adanya suatu lingkaran kayu dengan pembuluh angkut di sekitar empulurnya. Sementara itu batang dikotil yang telah tua.
Kayu tersusun atas trakea. Trakea merupakan saluran-saluran yang terbentuk oleh sel-sel yang telah mati dan bagian ujung-ujungnya saling menyambung. Saluran tersebut berfungsi menyalurkan air dan garam mineral dari akar ke daun. Pada kayu, terdapat juga trakeid yang bentuk selnya memanjang, ujung-ujungnya runcing, dan ukurannya lebih kecil daripada trakea. Trakeid berfungsi menyokong atau memperkuat batang.
Pembelahan sel kambium vaskular ke arah dalam membentuk kayu dan pembelahan sel ke arah luar membentuk kulit kayu. Aktivitas pembentukan kayu lebih aktif daripada pembentukan kulit kayu. Aktivitas tersebut mengakibatkan bagian kayu lebih besar daripada kulit kayu. Hal inilah yang menyebabkan pada kulit kayu kering terjadi pengelupasan.
Pembentukan kayu oleh kambium pada musim hujan lebih aktif dan menghasilkan sel-sel yang lebih besar daripada musim kemarau. Akibatnya, timbul batas perbedaan pada kedua aktivitas pembentukan kayu, dinamakan lingkaran tahun. Di negara yang memiliki empat musim, setiap tahunnya akan didapatkan empat batas lingkaran tahun.
Empulur adalah jaringan parenkima yang berfungsi menyimpan makanan cadangan. Empulur ditemukan pada batang yang muda. Empulur tidak ditemukan pada batang yang telah tua karena empulur semakin hilang sejalan dengan pertambahan diameter batang. 
thumbnail
Judul: Susunan Anatomi Batang Dikotil
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Biologi :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Kumpulan kata cinta Lengkap |
Template Seo Elite oleh Bamz