Senin, 16 April 2012

Fungsi Jantung


Organ tubuh yang berfungsi memompa darah ke seluruh tubuh adalah jantung. Jantung manusia terletak di dalam rongga dada agak sebelah kiri . Ukurang jantung orang dewasa lebih kurang sekepalan tangan. Berat jantung orang dewasa lebih kurang 300 gram.
Kerja jantung dapat kita rasakan melalui denyutan jantung. Kita dapat merasakan jantung kita berdenyut dengan cara meletakkan tangan ke dada kiri.
Jantung terdiri atas empat ruang, yaitu serambi kiri, serambi kanan, bilik kiri, dan bilik kanan. Sebagai alat pemompa darah, jantung mempunyai otot-otot yang kuat. Dindin jantung bagian bilik mempunyai otot yang lebih tebal daripada dinding jantung bagian serambi. Otot dinding jantung bagian bilik lebih tebal karena kerja bilik lebih berat, yaitu memompa darah ke seluruh tubuh.
Di antara serambi dan bilik terdapat semacam pintu turun yang disebut katup jantung. Katup jantung yang sehat dapat menutup rapat sekali sehingga darah dari bilik tidak bercampur dengan darah dari serambi. Katup-katup itu membuka dan menutup seirama dengan denyutan jantung.
Pembuluh darah adalah saluran yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung atau sebaliknya. Berdasarkan arah aliran darah, pembuluh darah dibedakan menjadi dua macam, yaitu pembuluh nadi (arteri) dan pembuluh balik (vena).
Pembuluh nadi atau arteri ialah pembuluh yang mengalirkan darah yang ke luar dari jantung. Pembuluh balik atau vena ialah pembuluh darah yang mengalirkan darah masuk ke dalam jantung.
thumbnail
Judul: Fungsi Jantung
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait jantung :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Kumpulan kata cinta Lengkap |
Template Seo Elite oleh Bamz