Rabu, 25 Januari 2012

9 Fenomena Alam Yang Harus Kita Waspadai Di Tahun 2012

Menyambut tahun baru 2012 ada baiknya masyarakat mewaspadai sejumlah fenomena alam yang kemungkinan akan terjadi. Sedikitnya ada 9 kejadian alam yang perluh diperhatikan dan disiapkan proses mitigasinya secara benar. 

1. Ancaman dari gempa - tsunami mentawai (siberut) 8,9 SR yang dapat mengancam satu juta lebih penduduk di padang, pariaman, painan dan wilayah lain di sumatra barat serta bengkulu, khususnya di sepanjang pesisir barat.
2. Potensi gempa diselat sunda - selat jawa barat, serta gempa disesar Cimandiri, sesar lembang jawa barat, bali, potensi ancaman gempa di jalur patahan aktif besar seperti di pataha palukoro-matano di sulawesi.
3. Setelah gempa Aceh 2004 dan gempa sendai, jepang 2011kita dihadapkan pada gunung-gunung api yang terus- menerus menggeliat.
4. Bahaya sekunder gunung api terutama di sekitar aliran sungai pasca letusan merapi 2010.
5. Potensi gempa dari patahan besar sumatra yang sudah cukup banyak diteliti serta gunung api lain pun ada yang bisa menjadi kejutan bencana karena pengetahuan dan database kegempaan gunung api kita masih minim.
6. Bencana lumpur porong Sidoarjo yang masih belum selesai, dan belum adanya kepastian penghitungan volume sumber lumpur yang masih terus keluar dari dalam bumi.
7. Ancaman banjir dimana-mana, khususnya  kota-kota besar seperti jakarta dengan intensitas sama seperti yang terjadi tahun 2002 dan tahun 2007 dan semarang.
8. Iklim yang sepertinya menjadi kian tidak menentu dan ekstrim yang juga bisa menyebabkan bencana, termasuk ancaman berbagai wabah penyakit.
9. Meningkatkan frekuensi kejadian topan- badai di laut, gelombang tinggi serta munculnya penomena angin beliung akibat depresi lokal.
thumbnail
Judul: 9 Fenomena Alam Yang Harus Kita Waspadai Di Tahun 2012
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait kejadian alam :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Kumpulan kata cinta Lengkap |
Template Seo Elite oleh Bamz