Jumat, 23 Desember 2011

Sistem Kekebalan Tubuh


Penyakit saluran pernapasan akut yang lebih umum dikenal dengan SARS (Savere Acute Respiratory Syindrome) diduga kuat telah masuk ke Indonesia. Hal tersebut dapat disebabkan oleh luasnya kawasan Indonesia dan cukup tingginya arus lalu lintas manusia antarnegara dari dan sampai sekarang, belum ditemukan obat mujarab untuk mengatasi SARS, bahkan penyebabnya secara pasti pun belum bisa dipastikan. Langkah terbaik yang dapat dilakukan adalah meningkatkan imunitas tubuh agar tidak terkena penyakit ini.
Ahli nutrisi di Jakarta Pusat, Ririn M.Sc., mengatakan bahwa imunitas tubuh dapat ditingkatkan dengan menghindari perilaku tidak sehat dan makanan yang kurang menguntungkan bagi pertahanan tubuh. Oleh sebab itu, perlu dilakukan upaya meningkatkan aktivitas konsumsi makanan yang meningkatkan imunitas.
Dr. Anies, MKK, PKK, dosen Ilmu kesehatan Masyarakat Fakultas kedokteran Universitas Diponegoro, menganjurkan untuk waspada jika ada anggota keluarga yang menderita demam, batuk-batuk, sesak napas, badan lemah, sakit kepala, otot terasa pegal, nafsu makan menurun. Penyebaran virus dapat terjadi melalui udara  maupun percikan ludah. Oleh karena itu, siapapun perlu waspada ketika berdekatan dengan orang yang diduga sebagai penderita SARS pakailah masker khusus ketika berada di tempat ramai. Siapapun yang bekerja di ruang tertutup dan berpendingin ruangan, sebaiknya sering-sering keluar ruang untuk menghirup udara segar. Jangan lupa untuk istirahat secara cukup dan makan makanan bergizi.
sebagai ahli nutrisi, Ririn melihat bahwa cara pencegahan segala macam penyakit, termasuk SARS, adalah meningkatkan ketahanan tubuh dengan mengubah perilaku. Rekan Ririn, ahli nutrisi Alice Smith Ph.D., ahli nutrisi yang bekerja di Toronto General Hospital, Kanada, mengatakan bahwa di sana sedang dikampanyekan kepada masyarakat untuk meninggalkan perilaku dan pola makan tidak  sehat yang merugikan sistem kekebalan tubuh, terutama sistem pernapasan. Sudah enam orang meninggal di Toronto karena SARS.
"Berbagai penyakit, tidak terkecuali SARS, berhubungan dengan imunitas tubuh. Jika imunitas kita baik, kemampuan tubuh menolak penyakit menjadi lebih baik. Kalaupun terkena SARS, mudah-mudahan tubuh dapat melakukan perlawanan,"tutur ahli nutrisi yang menyelesaikan pendidikan S2-nya di Universitas Berkeley, Amerika Serikat.
thumbnail
Judul: Sistem Kekebalan Tubuh
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Biologi :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Kumpulan kata cinta Lengkap |
Template Seo Elite oleh Bamz