Minggu, 18 Desember 2011

Persebaran Tumbuhan Di Muka Bumi

Lingkungan terestrial cenderung berubah dalam suatu pola karakteristik dari utara ke selatan. Perubahan mungkin terjadi secara bertahap atau mendadak, sehingga pada akhirnya terbentuk zona-zona tertentu dan tersendiri, yang masing-masing zona akan membentuk bioma. 
Bioma dapat diartikan sebagai macam komunitas utama yang terdapat pada suatu daerah yang dapat dikenal berdasarkan fisiognomi (kenampakan).
Sifat dan karakteristik suatu bioma merupakan fungsi iklim (suhu, curah hujan, cahaya, dan tanah).
Garis pembatas atau pemisah antara dua bioma walaupun tidak jelas, disebut ecotune. Ekoton ditempati oleh tumbuhan dan hewan yang khas. Bioma-bioma umumnya ditentukan oleh vegetasi atau tumbuhan yang dominan. Hal ini cenderung mencerminkan iklim yang umum dari area tersebut. Ada berbagai bioma di dunia, yaitu gurun, padang rumput, hutan hujan tropis, hutan gugur, dan sanvana.
a. Gurun (padang pasir), bioma ini terdapat di Afrika, Amerika, Australia, dan Cina.
b. Padang rumput, bioma ini terbentang dari daerah tropik hingga subtropik, misalnya di Amerika.
c. Hutan hujan tropis, terdapat di daerah tropik dan sub tropik contoh di Amerika selatan (Brasil), Asia (termasuk indonesia), dan Afrika.
d. Hutan gugur (deciduos forest), merupakan bioma yang khas di daerah sedang.
e. Savana terdapat ke dua sisi khatulistiwa, berkembang dengan lebih baik di Afrika dan Amerika selatan. Savana terdapat juga di India, Asia Selatan, Australia, dan indonesia (Iran, NTT, dan NTB).
thumbnail
Judul: Persebaran Tumbuhan Di Muka Bumi
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Biologi :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Kumpulan kata cinta Lengkap |
Template Seo Elite oleh Bamz