Jumat, 23 Desember 2011

Pengertian Sistem Pertahanan Tubuh Spesifik

Garis pertahanan ketiga dari sistem pertahanan tubuh adalah limfosit dan antibodi, yang mengenali secara spesifik  terhadap mikroorganisme tertentu. Pertahanan tubuh yang ketiga ini termasuk pertahanan tubuh spesifik yang kerjanya bertepatan dengan pertahanan tubuh kedua.
Pertahanan tubuh ini dikenal juga dengan sebutan sistem kekebalan tubuh. Molekul asing yang mendatangkan suatu respons spesifik dari sistem kekebalan tubuh disebut antigen. Antigen meliputi molekul yang dimiliki virus, bakteri, protozoa, fungi, cacing parasit, dan mikroorganisme lainnya. Selain itu, zat asing seperti kulit atau jaringan hasil cangkokan dapat berperan sebagai antigen.
Sistem kekebalan tubuh bereaksi terhadap antigen dengan cara mengaktifkan sel limfosit B yang akan menyekresikan protein khusus yang disebut antibodi. Istilah antigen merupakan singkatan dari antibodi generating (Pembangkit antibodi). setiap antigen memiliki susunan molekul khusus yang akan merangsang sel limfosit B tertentu untuk menyekresikan antibodi yang berinteraksi secara spesifik dengan antigen tersebut.

thumbnail
Judul: Pengertian Sistem Pertahanan Tubuh Spesifik
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Biologi :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Kumpulan kata cinta Lengkap |
Template Seo Elite oleh Bamz