Jumat, 23 Desember 2011

Pengertian Sel Tumbuhan

Pada sel tumbuhan, terdapat dinding sel, vakuola yang berukuran besar, dan plastida yang membedakan dengan sel hewan. 
a. Dinding sel
Dinding sel merupakan bagian terluar dari sel tumbuhan. Dinding sel memiliki fungsi melindungi sel. Dinding sel merupakan lapisan tipis dan bersifat permeabel. Dinding sel tersusun atas selulosa, lignin, dan suberin. Pada lapaisan epidermis daun dan batang, dinding sel mengandung kitin dan zat lilin sehingga dinding sel bersifat impermeabel.
Dinding sel dibedakan menjadi tiga macam, yakni dinding sel primer, dinding sel sekunder, dan dinding sel tersier. Dinding sel primer terdapat pada sel yang masih muda, sel yang sedang aktif membelah (embrionik), atau sel-sel parenkim.
Pembentukan dinding sel primer akan diikuti dengan pembentukan dinding sel sekunder ke arah bagian dalam sel. Dinding sel sekunder lebih tebal daripada dinding sel primer. Letak dinding sel primer berbatasan dengan membran plasma atau dinding sel tersier. Dinding sel sekunder tersusun atas mikrofibril selulosa yang terangkai secara rapat. Selain selulosa, pada dinding sel sekunder juga terkandung serat lignin yang terletak di antara mikrofibril selulosa.
Dinding sel tersier berada sebelah dalam dari dinding sel sekunder. Dinding sel tersier sangat berbeda keadaannya, baik dengan dinding sel primer maupun dengan dinding sel sekunder.
Antara dinding sel yang satu dengan dinding sel yang lain ditemukan zat pektin yang terdapat pada lamela tengah atau middle lamella. Antara sel yang satu dengan sel yang lain terdapat penghubung atau jembatan protoplasma yang dinamakan plasmodesmata. Plasmodesmata memegang peranan penting dalam transportasi berbagai zat antarsel.
b. Vakuola
Vakuola merupakan rongga yang berada di dalam sel. Vakuola dibatasi oleh selapis membran dan berisi cairan yang disebut cairan sel.
Sel hewan dan sel tumbuhan memiliki vakuola. Akan tetapi pada sel hewan, ukuran vakuola lebih kecil dan berjumlah lebih banyak daripada sel tumbuhan. Pada beberapa hewan, vakuola memiliki banyak fungsi. Fungsi tersebut antara lain mencerna makanan (vakuola makanan), memompakan air ke lar sel (vakuola kontraktil pada Protista), dan mendistribusikan makanan dalam sel.
Pada sel tumbuhan yang telah dewasa, umumnya terdapat vakuola tengah (central vacoule), yang berukuran besar dan dikelilingi oleh membran. Membran tersebut dinamakan tonoplas. 
Vakuola tengah berisi cairan yang mengandung banyak garam mineral, asam organik, gula, oksigen, pigmen (misalnya antosian), CO, dan zat-zat sisa metabolisme. Pada intinya, vakuola berfungsi:
1) memasukkan air melalui tonoplas agar tegangan turgor sel tetap baik;
2) menyimpan makanan, seperti sukrosa, protein, garam-garam mineral, dan senyawa organik lainnya;
3) menyimpan sisa-sisa metabolisme, seperti alkaloid, kristal kalsium oksalat, tanin, dan getah.
thumbnail
Judul: Pengertian Sel Tumbuhan
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Biologi :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Kumpulan kata cinta Lengkap |
Template Seo Elite oleh Bamz