Kamis, 22 Desember 2011

Konflik Antarkelompok Suku Bangsa

Dalam Kehidupan masyarakat multikultural, seperti Indonesia antara kelompok suku bangsa yang satu dengan suku bangsa yang lain terdapat perbedaan-perbedaan yang khas, perbedaan tersebut mencakup hal-hal sebagai:
1) Perbedaan tata susunan dan kekerabatan, misalnya patrilinear, matrilinear, dan parental.
2) perbedaan seni bangunan rumah, peralatan kerja, dan pakaian-pakaian adat.
3) Perbedaan kesenian daerah, misalnya tarian, musik, seni lukis, dan seni pahat.
4) Perbedaan adat istiadat dalam perkawinan, upacara ritual, dan hukum adat.
5) Perbedaan bahasa daerah, misalnya bahasa Jawa, Sunda, Madura, Bali, Batak, Papua, Makassar, dan Minangkabau.
Perbedaan tersebut di atas, sering kali dapat menjadi pemicu timbulnya konflik antar kelompok suku bangsa. Perbedaan ini di sebabkan oleh faktor-faktor antara lain:
1) Hukum adat dan garis kekerabatan yang berbeda.
 Adanya sistem kekerabatan matrilineal, petrilineal, dan parental dalam kelompok-kelompok suku bangsa, memiliki pengaruh yang luas dalam hal tata cara perkawinan, hak menggunakan marga, hak mengatur ekonomi rumah tangga dan warisan.
2) Latar belakang sejarah yang berbeda.
 Akibat latar belakang sejarah yang berbeda akan menghasilkan keadaan sosial budaya yang tidak sama. Misal, dalam kelompok masyarakat Bali dengan latar belakang sejarah kerajaan Hindu yang kuat, sementara kelompok masyarakat Demak, Surakarta, dan Jogyakarta memiliki latar belakang sejarah Islam yang kuat. Adanya perbedaan ini berpengaruh pada tata upacara ritual, adat perkawinan, gamelang, pakaian adat, dan tarian.
3) Wilayah Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau
 Penduduk yang terdapat di daerah terpencil jarang melakukan kontak dengan daerah lain sehingga memiliki sifat dan karya seni budaya yang spesifik dan unik. Misalnya, suku Asmat dan suku laut.
4) Keadaan geografis yang tidak sama 
Keadaan letak geografis yang strategis akan mempengaruhi corak ragam penduduk dan kebudayaan lebih konplek jika di bandingkan dengan kelompok masyarakat yang letaknya tidak strategis. Misalnya, perbedaan masyarakat kota dengan masyarakat desa.
thumbnail
Judul: Konflik Antarkelompok Suku Bangsa
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Islam :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Kumpulan kata cinta Lengkap |
Template Seo Elite oleh Bamz