Sabtu, 17 Desember 2011

Berdirinya Kerajaan Majapahit

Pada tahun 1292, Kerajaan Singosari diseberang oleh Jayakatwang. Dalam penyerangan itu, raja Kertanegara gugur. Radeng Wijaya, menantu Kartanegara, bersama istrinya berhasil meloloskan diri. Ia menyeberang ke Madura untuk minta bantuan kepada Wiraraja. Atas bantuan Wiraraja, Raden Wijaya dianjurkan kembali ke kediri untuk pura-pura mengabdi kepada jayakatwang.
Kemudian kepada Raden Wijaya dihadiahkan daerah hutan tarik oleh Jayakatwang. Dengan bantuan para pengikutnya, mulailah Raden Wijaya membangun hutan Tarik. Ketika sedang bekerja, salah seorang di antara mereka menemukan buah maja. Dia lalu memakan buah maja itu. Ternyata rasanya sangat pahit. Oleh karena itulah, desa tersebut diberi nama Majapahit.
Pada tahun itu juga, tentara Cina yang dikirim oleh kubilai khan mendarat di Tuban. Tujuannya ialah menghukum raja Kartanegara yang telah menghina utusan Kubilai Khan. Kedatangan mereka itu merupakan kesempatan yang baik untuk membalas dendam kepada Jayakatwang. Maka, bergabunglah Raden Wijaya dengan tentara Cina. Pertempuan sengit pun terjadi. Jayakatwang dan anak buahnya gugur dalam pertempuran itu.
Setelah mengalahkan pasukan Jayakatwang, Raden Wijaya mengatur siasat untuk mengusir serdadu Cina. Raden Wijaya lalu mengadakan pesta perayaan kemenangan secara besar-besaran. Ketika para serdadu Cina sedang terlena dan bermabuk-mabukan, Raden Wijaya memerintahkan anggota pasukannya untuk membunuh mereka. Para serdadu Cina tidak berdaya menghadapi serangan yang demikian mendadak. Banyak yang tewas seketika. sebagian kecil melarikan diri dan kembali ke negeri asalnya.
Setelah keadaan pulih, pada tahun 1294, Raden Wijaya naik tahta. Sebagai raja Majapahit yang pertama, ia bergelar kertarajasa Jayawardhana. Selama masa pemerintahannya ia memadamkan berbagai pemberontakan   dibantu oleh para pengikutnya yang setia.
thumbnail
Judul: Berdirinya Kerajaan Majapahit
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Pendidikan :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Kumpulan kata cinta Lengkap |
Template Seo Elite oleh Bamz