Sabtu, 17 Desember 2011

Alat Angkutan Darat Pada Masa Lalu

Sebelum manusia mengenal alat angkutan, manusia menggunakan tenaga fisiknya. Pada mulanya manusia mengenal jenis alat angkutan darat yang masih sederhana. Untuk mencapai suatu daerah manusia berjalan kaki. beban yang dibawa dipikul di pundaknya. Apabila ada pesan yang hendak disampaikan ke tempat yang jauh, manusia berjalan atau berlari secara berantai.
Perlahan-lahan berkembanglah pengetahuan manusia mengenai alat angkutan. Manusia memikirkan cara baru untuk pindah yang lebih mudah. Kuda, sapi, dan kerbau dijinakkan untuk digunakan sebagai alat angkutan. Beban yang dibawa tidak lagi dipikul, tetapi diangkut oleh tenaga hewan. Setelah roda ditemukan, manusia membuat kereta dan gerobak. Kereta yang ditarik kuda (delman) berfungsi untuk mengangkut dan mengantar penduduk antardesa atau antarkampung. Sedangkan gerobak digunakan untuk mengangkut beban yang lebih besar dan berat. Gerobak biasa ditarik oleh sapi atau kerbau.
Jenis alat angkutan darat lain yang digunakan orang pada masa lalu ialah sepeda. Pada waktu itu mobil belum banyak seperti sekarang, sehingga sepeda menjadi kebanggaan yang luar biasa bagi pemiliknya.
Jenis alat angkutan seperti mobil dan kereta api pada masa lalu belum ada di tanah air kita. Untuk pertama kali mobil ada di jakarta pada tahun 1903. Pemiliknya pun hanya beberapa orang saja.  Bagaimana dengan propinsi tempat tinggal kalian? Jenis alat angkutan darat apa saja yang digunakan pada masa lalu? dapatkah kalian menyebutkannya?
thumbnail
Judul: Alat Angkutan Darat Pada Masa Lalu
Rating: 100% based on 99998 ratings. 7 user reviews.
Ditulis Oleh

Artikel Terkait Transportasi :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. Kumpulan kata cinta Lengkap |
Template Seo Elite oleh Bamz